Kumpulan Berita Seputar Android, Tutorial Android, Tips dan Trik, Review Aplikasi Android, Sharing Seputar Android

Saturday 28 June 2014

Terima SMS Bisa Merusak Ponsel, Bug dari MediaTek


Baru-baru ini berhembus kabar bahwa Phone Arena telah mengeluarkan kabar yang membuat komunitas Android di facebook mendadak ramai. Hal ini disebabkan karena celah keamanan yang saat ini berada di Android yag ber-chipset MediaTek sangat rentan oleh ulah jahil dimana  hanya dengan mengirim sms yang berisi simbol sama dengan saja ponsel akan melakukan reboot secara otomatis. Tentu hal ini membuat kita waspada karena mengganggu kenyamanan pengguna android.

Hal ini dituturkan oleh Neowin.net, blogger asal Prancis yang menemukan bug aneh pada android MediaTek. Hanya dengan mengirim simbol "=" (tanpa tanda petik) saj ponsel akan secara otomatis mati dan reboot.

Ini memang hal yang kecil namun berbahaya. Bayangkan jika hal ini terjadi hanya satu atau dua kali saja, jika hal ini terjadi sampai ratusan kali apa jadinya nanti. Neowin.net saat ini memberikan daftar nama vendor yang terjangkit bug ini diantaranya Zopo, Acer, Wiko, Alcatel, Fairphone, dan Archos. Selain itu vendor lokal seperti Evercoss dan beberapa macam merk Maxtron juga terjangkit bug ini. Lebih parahnya lagi beberapa Android Super Copy yang ber-chipset MediaTek juga terkena bug ini .

Bagi anda pengguna android yang menjadi korban bug ini tidak perlu khawatir karena hasil riset mengatakan bahwa bug ini bukan berasal dari chipset MediaTek melainkan berasal dari aplikasi pesan default atau mms.apk. Untuk menanggulangi bug ini anda bisa menggunakan aplikasi sms pihak ketiga seperti GO Sms Pro yang aman sehingga tidak mengganggu anda.

Jika anda penasaran dengan bug ini anda bisa melihat demo video bug ini Comment faire planter un téléphone Wiko à distance

0 komentar: