Kumpulan Berita Seputar Android, Tutorial Android, Tips dan Trik, Review Aplikasi Android, Sharing Seputar Android

Monday 16 June 2014

Dampak Negatif Penggunaan Power Bank bagi Gadget/HP

Power Bank
Akhir-akhir ini banyak produk-produk Power Bank yang menjamur di masyarakat, berbagai model dan fitur canggih pada Power Bank sudah banyak di temui di pasaran aksesori handphone itu. Banyak para pengguna ponsel smartphone yang menggunakan power bank dengan alasan ponsel smartphone boros baterai dan dengan power bank mereka dapat mengeces secara instan atau portabel dan membuat pengisian cepat penuh.

Namun di balik itu semua anda perlu hati-hati karena ada perbedaan antara pengecasan dengan charger AC di banding dengan Power Bank yang cepat terisi penuh. Sebenarnya pengecasan dengan power bank itu sama dengan pengecasan lewat charger bawaan HP cuma yang membedakan terdapat pada arusnya saja dimana power bank memiliki arus yang besar yakni rata-rata 1 Ampere lebih besar dari charger AC bawaan ponsel yang memiliki arus 0,7 Ampere saja.

Artinya semakin besar arus yang dikeluarkan semakin cepat pula pengisian baterai. Namun jangan kaget dan kecewa apabila lama kelamaan HP atau Gadget anda cepat rusak terutama pada baterai atau IC charge maupun IC powernya. Mengapa demikian ??, mari kita bahas.

Pada charger bawaan yang memiliki arus sekitar 0,7 Ampere dimana pada saat pengisian membutuhkan waktu yang agak lama dibanding power bank karena vendor dari HP tersebut menggunakan aturan aman sehingga dengan arus standar tersebut HP atau gadget anda lebih awet dan tahan lama. Tidak dengan power bank yang menggunakan arus 1 Ampere dimana arus ini sebenarnya aman tapi tapi cepat merusak perangkat Ponsel anda karena besarnya arus yang dihasilkan tidak sebanding dengan perangkat yang ada di ponsel anda sehingga jika terus menerus menggunakan power bank pada perangkat tertentu tidak kuat menahan arus besar tersebut sehingga salah satu komponen vital di HP anda rusak karena tidak kuat menahan arus besar yang sering di gunakan.


Sudah banyak saya jumpai bahwa beberapa teman saya ada yang HP / gadget nya rusak tidak bisa di charge, baterai melembung, HP matot karena IC nya rusak, baterai cepat habis (boros), dll. Bukti tersebut di akibatkan karena terlalu sering mengecas dengan power bank. Jadi kesimpulannya kita boleh saja menggunakan power bank namun ada baiknya jika kita menggunakannya pada situasi tertentu saja misalnya sedang bepergian jauh, atau sedang mati lampu (listrik PLN padam).

Saran saya adalah gunakan selalu charger asli bawaan ponselanda untuk mengisi baterai dan gunakan power bank dengan sewajarnya saja jangan sering-sering menggunakan power bank karena dapat membuat perangkat ponsel atau gadget anda cepat rusak.

Sekian dan terima kasih semoga informasi di atas bermanfaat buat anda.

12 komentar:

Unknown said...

Trimakasih sudah membantu

Anonymous said...

kUNJUNGI KiosBM.com YA GAN..... ada HP murah dan bergaransi 2tahun ready COD

Unknown said...

Terimakasih pencerahannya mas..

Unknown said...

makasih buat informasinya ya...

Unknown said...

Bener bgt tu mas, sy sdh pernah mengalami ic power rusak gara" sering pke power bank. Karena arus pengisiannya terlalu besar, panas hp jd ga wajar. Ga mau lg pke power bank deh

sutoro said...

makasih mas bro informasinya...
sngat memmbantu sekali..

Unknown said...

oke sama2 mas bro. . :D

Agus said...

Kok bisa bertolak-belakang dengan info di https://xrismantos.wordpress.com/2014/02/10/charger-gadget-dengan-ampere-lebih-tinggi/

Mumu said...

menurut saya yng membuat power bank bisa ngerusak hp itu bkan masalah arus nya. tpi tegangan nya. Power bank yang ngak dikasih ic voltage regulator itu yang bisa buat hp jdi ngehang ato rusak. ane saranin coba cek power bank nya pada keadaan habis daya dgn multimeter klo tegangan nya drop ntu pwer bank kagak bagus dan bisa ngerusak hp.

pamuji fap said...

Gan, tau cara benerin lumpia 520 yg touch screennya error ?

Unknown said...

Iya nih.. gara-gara powerbank hp saya ganti batere terus. Lagian ngecas page power beng bikin hp panas..

Unknown said...

arusnya kegedean bro :)