Kumpulan Berita Seputar Android, Tutorial Android, Tips dan Trik, Review Aplikasi Android, Sharing Seputar Android

Thursday 10 July 2014

Cara Mengaktifkan Airplane Mode Secara Otomatis di Android

Fitur Airplane merupakan salah satu fitur dimana ponsel anda sedang dalam keadaan tidur dimana tidak ada aktivitas jaringan maupun nirkabel. Pada ponsel smartphone sendiri mengaktifkan Airplane mode dianggap menghemat baterai ponsel itu sendiri, selain itu ada juga beberapa pengguna yang mengaktifkan mode ini di malam hari karena tidak ingin diganggu apabila ada telepon masuk di tengah malam hari.

Jadi jika anda ingin menghemat baterai smartphone anda salah satunya adalah mode Airplane selain menggunakan aplikasi penghemat baterai yang membantu. Jika anda yang merasa repot harus menagktifkan mode airplane di malam hari disini solusinya, yaitu menggunakan fitur mode Airplane otomatis sesuai jam yang anda atur.

Mode airplane ini sebenarnya bisa anda temukan di notification bar dan menekan tombol bergambar pesawat, namun cara ini bukan cara otomatis melainkan anda harus mengaktifkan secara manual di malam hari. Untuk itu silakan anda ikuti cara berikut untuk mengaktifkan mode airplane secara otomatis di ponsel smartphone anda.

1. Unduhlah aplikasi dari pihak ketiga yang bisa mengakses mode pesawat secara otomatis, disini saya mengambil contoh dari aplikasi Battery Doctor (Battery Saver), karena selain aplikasi hemat baterai terbaik aplikasi ini bisa mengatur mode airplane secara otomatis.

2. Setelah itu silakan pasang aplikasi tersebut, sebelumnya anda bisa mengunduh di PLAY STORE secara gratis dan tanpa root.

3. Jika sudah bukalah aplikasi Battery Doctor dan ikuti langkah berikut.

[1] pilih tab Mode, [2] pilih tab Schedule, [3] Tap jadwal yang ada, misal Sleep, [4] Atur menjadi ON, [5] Tekan opsi Start untuk mengatur jadwal.

[6] Atur waktu sesuai yang anda inginkan, [7] pilih Next untuk memilih apa yang akan terjadi pada waktu tersebut, [8] Pilih Airplane Mode untuk mengaktifkan mode pesawat pada jam yang sudah diatur, [9] pilih Save untuk menyimpan.

[10] Tap End untuk mengatur waktu berakhir mode airplanenya, [11] Atur waktu berakhirnya atau waktu "bangun", [12] Pilih Next untuk melanjutkan.

[13] Pilih salah satu profil, misalnya Super Saving agar dapat otomatis terdaftar pada jaringan seluler, [14] Pilih Save untuk menyimpan, [15] Menu Repeat untuk mengatur otomatis enable/disable airplane mode setiap hari maupun hari-hari tertentu saja, [16] Cheklist semua jika ingin setiap hari, [17] pilih tombol OK untuk menyetujui.

[18] Tap Label untuk memberi nama jadwal, [19] Ketik atau isikan nama jadwal yang anda inginkan, [20] pilih tombol OK untuk menyimpan pengaturan dan pilih tombol Save.

Sekarang pengaturan Airplane Mode secara otomatis sudah jadi dan anda tingal memakainya. Dengan trik ini anda dapat mencegah boros baterai pada ponsel smartphone anda selain itu anda juga terbebas dari gangguan panggilan masuk di malam hari sehingga anda tidak perlu repot. Terima kasih semoga trik diatas bemanfaat buat anda.

0 komentar: