Kumpulan Berita Seputar Android, Tutorial Android, Tips dan Trik, Review Aplikasi Android, Sharing Seputar Android

Thursday 26 June 2014

Cara Menghemat Baterai Android yang Benar

Hemat Baterai Android
Android merupakan suatu sistem operasi yang mempunyai manajemen sistem yang baik, sistem operasi ini dapat mengatur semua aplikasi dengan baik yang di instal penggunanya.
Sebenarnya para pengguna tidak perlu menyematkan aplikasi untuk mengatur aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat androidnya, contoh seperti penggunaan aplikasi Task Killer. Itu merupakan salah satu contoh dimana anda tidak perlu menggunakannya.

Walaupun sistem Android memiliki kelemahan pada daya tahan baterai atau bisa disebut boros baterai, perpaduan aplikasi yang salah antar aplikasi manajemen sistem yang anda instal dapat menggannggu kinerja proses manajemen aplikasi yang berada di perangkat android anda.

Jika anda sering menggunakan aplikasi Task Manager untuk mematikan aplikasi dengan tujuan menghemat baterai dan sayangnya itu hanya berpengaruh sedikit saja. Untuk lebih jelasnya mari kita simak rangkuman berikut.


Pengelolaan aplikasi Android

Sebenarnya android sudah bisa me-manajemen sistemnya sendiri, pengguna juga dapat mengatur aplikasi yang berjalan jika memang pengguna ingin lebih menghemat baterai, meski itu bukan masalah utama dalam penggunaan baterai Android namun perpaduan aplikasi-aplikasi dapat mempengaruhi proses manajemen sistem android.

Penggunaan perangkat Android untuk Gaming

Sudah banyak kita jumpai sebagian besar pengguna android memang dimanjakan dengan berbagi macam aplikasi menarik terutama Game. Game-game dengan spek tinggi tentu bisa menguras baterai dengan cepat meskipun kita hanya memainkannya sebentar saja. Namun dalam hal ini pengguna hendaknya menggunakan gadget android mereka dengan wajar dan tidak bermain game secara terus menerus karena itu akan merusak baterai anda sendiri yang di sebabkan seringnya baterai bekerja dengan keras pada saat kita bermain game besar di perangkat android kita.

Baterai Android

Pernahkah anda menjumpai menu baterai di perangkat android anda ?
Tentu sudah pernah karena disitu anda dapat melihat sistem apa saja yang menggunakan konsumsi baterai android anda. Di menu tersebut tentu yang paling banyak mengkonsumsi baterai adalah sistem layar atau screen. Jika ponsel anda sering posisi idle atau jarang anda gunakan maka ponsel anda dapat menghemat baterai, dan jika anda sering menggunakannya bisa dikatakan itu adalah musuh utama perangkat android dimana layar sangat berperan besar dalam hal penghematan baterai. Jadi anda perlu mengatur kecerahan layar ke lebih rendah untuk bisa menghemat baterai meskipun berdampak sedikit.

Cara menghemat baterai perangkat android

Setelah anda membaca ulasan diatas kini saatnya anda lebih menghemat baterai android anda untuk ketahanan perangkat anda. Perlu anda ingat disaat kita tidak menggunakan ponsel kita tentu itu tampak seperti istirahat namun jangan biarkan jika pada saat kita tidak menggunakan ponsel kita ternyata ada aplikasi yang berjalan secara otomatis walaupun kita tidak menggunakan ponsel dan dalam keadaan layar mati. Bagaimana solusinya ?

Salah satu jalan keluarnya adalah gunakan aplikasi Greenify, dimana aplikasi ini bisa mematikan aplikasi yang tidak digunakan dan dapat kita gunakan lagi aplikasi yang telah di hibernate tadi disaat kita membuka aplikasi yang akan digunakan. Aplikasi ini berbeda dengan task killer yang hanya mematikan sementara saja. Greenify ini bekerja menghibernate aplikasi dengan seterusnya selama kita tidak menggunakannya sehingga anda tidak perlu khawatir jika ponsel anda saat keadaan tidak digunakan tiba-tiba ada aplikasi yang masih berjalan otomatis yang membuat ponsel kita terasa panas atau boros saat tidak digunakan.


Dalam penggunaan aplikasi ini ponsel atau gadget android anda harus sudah dalam keadaan rooting atau sudah diroot untuk memperlancar penggunaan aplikasi Greenify ini. Jika ponsel anda belum diroot silahkan simak artikel Cara Root Segala Jenis Android. Untuk bisa menggunakan aplikasi Greenify anda bisa mengunduhnya Play Store secar gratis.
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat buat anda.

0 komentar: